Visitor

Sponsor

Sponsor


ShoutMix chat widget

Sponsor

Sekilas Tentang Hooligan

Pendukung garis keras Inggris biasa disebut dengan Hooligan Firm (HF), dan setiap klub-klub sepakbola Inggris memilki masing Holigan Firm dengan reputasi mereka masing-masing. Pada 1970-an dan awal 1980-an, para hooligans sepakbola Inggris dapat dideteksi hanya dari penampilannya saja, yaitu dengan berpakaian kaum pekerja Inggris (working class skinhead-style clothes). Oleh karena itu banyak dari mereka merubah penampilan agar tidak mudah diidentifikasi oleh polisi. Hasilnya, kini para anggota HF mulai mengenakan pakaian ber-merk dan pakaian olahraga yang mahal.


hooliganisme Sepakbola adalah perilaku yang sulit dikontrol dan merusak, seperti perkelahian, pengrusakan dan intimidasi oleh kelompok pendukung klub-klub sepakbola Inggris. Perkelahian antar pendukung klub selalu dilakukan sebelum atau setelah pertandingan. Lokasi "pertempuran" juga telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pentolan masing-masing HF, dalam rangka untuk menghindari penangkapan oleh polisi. Perlu dicatat adalah para hooligans sangat menghargai "nyawa" seseorang, sehingga mereka mencoba untuk tidak saling membunuh (cukup melukai atau mencederai saja). Tapi terkadang bentrokan juga terjadi secara spontan di stadion atau di jalan-jalan sekitar stadion (ini nih yang "Indonesia" banget)

Hooliganisme bisa berbentuk teriakan-teriakan kasar hingga berkelahi secara full body contact. Senjata yang dipakai biasanya baseball bat, botol, batu, pisau atau senpi. Dalam beberapa kasus, banyak kepanikan yang terjadi dalam suatu kelompok pendukung menyebabkan kematian karena terinjak2 atau pagar atau dinding runtuh. Gas air mata sudah jadi hal biasa yang ditemui dalam keramaian hooligans.

Hooliganisme telah banyak digambarkan di film seperti: ID, The Firm, Cass, The Football Factory, Green Street, dan Rise of The Footsoldier. Ada juga The Damned United, jamin mantap !

Posted by Reza Fajri on 10:13 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comment for Sekilas Tentang Hooligan

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery