Visitor

Sponsor

Sponsor


ShoutMix chat widget

Sponsor

Derby-derby di London

London, kota besar yang menjadi ibukota Kerajaan Inggris. Selain dikenal sebagai pusat pemerintahan, kota London juga dikenal memiliki banyak klub sepakbola. di musim 2010/2011 ini tercatat ada 13 klub yang bermain di Liga Inggris. semuanya adalah klub profesional, semuanya punya stadion sendiri-sendiri, dan semuanya punya suporter yang jumlahnya minimal 10 ribu orang.

Di divisi teratas yaitu Premier League ada 5 klub yang berpartisipasi, yaitu: Arsenal, Chelsea, Fulham, Tottenham Hotspur dan West Ham United. Di bawah Premier League yaitu Football League Championship ada Crystal Palace, Queens Park Rangers dan Millwall. Di bawahnya lagi yaitu Football League One ada Brentford, Charlton Athletic, Dagenham & Redbrige dan Leyton Orient. Dan terakhir di divisi Football League Two ada klub Barnet. Sebenarnya ada 2 klub lagi yaitu Thames dan Wimbledon. tapi kedua klub itu tidak bermain di Liga Inggris.


Millwall vs West Ham United
Semua orang Inggris pasti tahu kalau derby terpanas (berpotensi kekerasan) di Inggris adalah Millwall vs West Ham United. Suporter dari kedua klub ini memiliki sejarah kekerasan yang lama. Rivalitas panas ini pernah difilmkan dengan judul Green Street Hooligans, yang dibintangi oleh Ellijah Wood. Kedua klub ini terakhir bertemu pada Agustus 2009 di Carling Cup, dimana West Ham United mengalahkan Millwall 3-1 di Upton Park. Setelah pertandingan panas ini selesai terjadi kerusuhan di dalam dan di luar stadion, 1 orang tewas tertusuk pisau.

North London derby (Arsenal vs Tottenham Hotspur)
Rivalitas ini bermula ketika Arsenal pindah ke Highbury, London Utara pada tahun 1913, khususnya ketika Arsenal promosi ke divisi satu di tahun 1919. Selain Spurs, banyak fans Arsenal yang menganggap Chelsea sebagai rival utama.

South London derby (Charlton Athletic, Millwall dan Crystal Palace)
Walaupun rival utama Millwall adalah West Ham United, mereka juga menganggap tetangganya yaitu Charlton Athletic dan Crystal Palace sebagai rival. Ketiga fans klub ini sudah bermusuhan sejak petengahan 1980.

West London derby (Brentford, Chelsea, Fulham dan QPR)
Sejak tahun 1960 QPR membangun rivalitas dengan Chelsea tetapi tidak ditanggapi oleh fans Chelsea. Sejak Chelsea promosi di tahun 1996, rivalitas dengan QPR berakhir. Ketika Fulham promosi ke Premier League di tahun 2001, Fans Fulham mulai menganggap Chelsea sebagai rivalnya.

London Derby
biasanya yang disebut dengan "London Derby" adalah pertandingan derby london yang berlangsung pada divisi yang sama yang diikuti oleh 2 klub papan atas misalnya Arsenal vs Chelsea.

Trivia
*Pemain Arsenal David O'Leary telah bermain di North London derby lebih banyak dari pemain lain.
*Tottenham tidak berhasil mengalahkan Arsenal pada 7 November 1999, ketika Spurs menang 2-1 di White Hart Lane, dan pada 22 Januari 2008, ketika Spurs menang 5-1 di White Hart Lane pada leg ke-2 semifinal Piala Liga.
*Chelsea tidak terkalahkan di 9 laga Premier League melawan Fulham sejak bulan Maret 2006.
*Chelsea memegang rekor 16 tahun tidak terkalahkan ketika melawan Tottenham di 32 pertandingan liga dari 2 Oktober 1990 sampai 5 November 2006.
*Arsenal tidak terkalahkan di 19 pertandingan Premier League melawan Chelsea dari 16 Desember 1995 sampai 21 Agustus 2005.
*Chelsea tidak terkalahkan di 10 pertemuan dengan rivalnya yaitu Arsenal dari bulan April 2004 sampai Desember 2007.
*Tottenham tidak terkalahkan di 7 pertemuan terakhir dengan West Ham di White Hart Lane
*William Gallas, Teddy Sheringham dan Ian Wright telah bermain di 3 klub London yang berbeda. Gallas pernah bermain di Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur; Sheringham bermain di Millwall, Tottenham, dan West Ham; dan Ian Wright pernah bermain untuk Crystal Palace, Arsenal dan West Ham.
*Paul Konchesky telah bermain di 4 klub London yang berbeda yaitu Charlton Athletic, Tottenham Hotspur, West Ham dan Fulham.
*Neil 'Razor' Ruddock telah bermain di 5 klub London yang berbeda yaitu Millwall, Tottenham Hotspur, West Ham, Queens Park Rangers dan Crystal Palace.
*Clive Allen telah bermain di 7 klub London yang berbeda yaitu Queens Park Rangers, Arsenal, Crystal Palace, Tottenham Hotspur, Chelsea, West Ham dan Millwall.
*Ketika pra-musim Arsenal sering melakukan pertandingan persahabatan dengan tetangganya yaitu Barnet. Tempat latihan utama Arsenal berdekatan dengan Borough of Barnet, stadion Barnet.

Posted by Reza Fajri on 10:34 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

5 comment for Derby-derby di London

  1. satu kota 13 stadion, emang mantep

  2. Om...Itu Pada Ribut yaa?
    weleh....aneh, mau jadi pemain bola apa Holigan ya....wkwkwk.
    gpp...lanjutin.

  3. namanya juga pertandingan derby, selalu panas hehe

  4. itu musuh bebuyutan yah gan, ko ga ada yang bawa celurit yah kaya di indonesia. kurang mendramatisir...

  5. bebuyutan sih engga, cuman karena sekota jadi rivalitasnya tinggi

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery